081318311409 marketing@signarc.id

Arsitektur modern muncul disebabkan karena perubahan keadaan hidup manusia. Hal ini ditengarai akibat revolusi industri yang merubah kehidupan manusia menjadi lebih cepat, mudah, dan sekaligus kompleks. Perubahan tersebut ditandai dengan dominasi penggunaan mesin ketimbang manusia. Hal juga berpengaruh pada arsitektur bangunan.

Era modern seperti sekarang, mengadopsi arsitektur modern yang merupakan pengembangan dari gaya tahun 1900an. Gaya ini adalah refleksi atas kemajuan di bidang konstruksi. Prinsip utama dari konstruksi ini adalah meminimalisir ornamen dan dekorasi demi optimasi fungsi.

Definisi Arsitektur Modern

Arsitektur modern adalah konsep ataupun gaya konstruksi bangunan yang mengedepankan aspek bentuk bangunan ketimbang ornamen hias.

Secara sederhana, estetika gaya modern dapat dikatakan sebagai bentuk minimal dari konstruksi di masa lalu, sebut saja seperti arsitektur gothic dan victorian. Gaya arsitektur ini tidak se-romantis neo-klasik, namun lebih ke minimal, inovatif, dan eksperimental.

Berbeda dari arsitektur modern, gaya viktoria cenderung banyak ornamen

Contoh gaya viktoria

Desain bergaya modern memiliki tema yang membuat material tertentu dapat diterapkan secara seragam. Hal ini dimaksudkan demi kesederhanaan dan fungsionalitas sebuah bangunan.

Dari sudut pandang arsitek, pengerjaan bangunan juga difokuskan kepada desain yang memberikan kenyamanan penghuni. Elemen-elemen dalam bangunan dibuat senyaman mungkin bagi penghuni, tanpa mengurangi nilai estetis arsitektur modern.

Sejarah Arsitektur Modern

Revolusi industri mewarnai sejarah arsitektur modern. Perubahan pada penggunaan teknologi, material bangunan, dan mesin pada gilirannya mempengaruhi gaya yang berkembang. Ada pergeseran konstruksi bangunan, dari tradisional menuju modern yang lebih fungsional.

Tercatat kemunculan desain ini ditandai dengan dibangunnya gedung pencakar langit di Amerika Serikat atas respon biaya konstruksi dan lahan yang tinggi. Penggunaan teknologi rangka baja tahan api dan elevator keselamatan menjadi bukti pendukung lain. Adalah Gedung Asuransi Chicago yang menerapkan rangka baja besi oleh William Le Baron Jenney di tahun 1883.

Gaya arsitektur modern Gedung Asuransi Chicago

Contoh arsitektur modern di Gedung Asuransi Chicago, Amerika Serikat

Di awal 1900an bermunculan gedung lain dengan gaya arsitektur lama berdekorasi dan gaya neo-gothic, neo-renaissance, dan beaux arts. Di masa itu bertepatan dengan periode peperangan yang bersamaan dengan kebangkitan arsitektur modern.

Penggunaan material baru pada arsitektur modern ditandai dengan penggunaan besi cor, plat kaca, dan beton bertulang yang dimaksudkan guna pembangunan konstruksi yang lebih kuat, ringan, dan tinggi. Penggunaan pelat kaca dimulai di tahun 1848 yang memungkinkan penggunaan jendela yang sangat besar.

Adalah Istana Kristal oleh Joseph Paxton di Pameran Besar Tahun 1851 yang menjadi contoh penggunaan konstruksi besi dan pelat kaca. Kemudian di tahun 1864 diikuti penggunan dinding tirai kaca dan logam pertama.

Istana kristal gaya arsitektur modern

Istana Kristal dengan dominasi material kaca

Jangan lupakan Menara Effiel yang menjadi struktur tertinggi di dunia pada Pameran Universal Paris 1889. Penggunaan material dan teknik konstruksi baru ini menginspirasi para arsitek untuk melepas dominasi neo klasi dan ekletik yang mendominasi seluruh Eropa dan Amerika.

Menara Effiel sebagai contoh arsitektur modern

Menara Effiel salah satu contoh arsitektur modern

Setidaknya kebangkitan gaya ini dipengaruhi dua faktor, yakni material bahan baja yang defisit, sehingga harus digantikan dengan bahan baru berupa alumunium; Serta kebutuhan pembangunan yang tinggi imbas dari perang.

Di dalam negeri, gaya ini berkembang di abad 19 hingga pertengahan abad ke 20. Adalah Liem Bwam Tjie, seorang arsitek Indonesia keturunan Tionghoa Semarang yanng menjadi pionir dalam gaya ini.

Liem Bwan Tjie merupakan seorang Indonesia pertama yang belajar di Sekolah Tinggi Teknik di Delft, Belanda. Ditambah lagi dengan pendidikan di Technische Hoogeschool di daerah yang sama pada tahun 1920; Ecole des Beaux Arts, sekolah seni dan arsitektur di Eropa.

Karya-karya Liem Bwan Tjie pada arsitektur modern

Karya-karya Liem Bwan Tjie pada arsitektur modern

Kemahirannya dalam desain arsitektur modern membuat karyanya dapat disejajarkan dengan arsitek belanda pada masa itu, sebut saja seperti Maclaine Pont, Hulswit, Fermont dan Cujipers, Gmelich Meling, serta Aalbers.

Pendapat Ahli Tentang Arsitektur Modern

Ide desain arsitektur modern

Untuk lebih mengerucut pada pengertian dan definisi arsitektur modern, maka dibutuhkan pendapat ahli yang kompeten di bidang ini. Berikut ini adalah pernyataan mengenai gaya modern yang disadur dari “Arsitektur Modern Akhir Abad XIX dan Abad XX” karya Yulianto Sumalyo.

Buku berjudul “Contrasts” karya Agustus Welby Northmore Pugin (1812-1852) yang terbit tahun 1836, menjelaskan di zaman pertengahan (medieval) Gereja di Kota Katholik tergantikan oleh pabrik, penjara, dan fungsi lainnya. Dari perubahan ini terbukti bahwa ada kemunculan bangunan dengan fungsi yang sebelumnya tidak pernah ada.

Buku “Les Sept Lampes de l’architecture” (1849) atau Ketujuh Lampu dalam Arsitektur, seorang arsitek Inggirs, John Ruskin (1819-1900) menekankan akan pentingnya homogenitas atau keseragaman pada seluruh masyarakat. Pernyataannya mengamini atas tanda-tanda punahnya gaya desain gothic dan ekletik yang menjadi ciri kedaerahan masing-masing wilayah. Ruskin dianggap sebagai perwakilan dari tokoh fungsionalisme yang menganggap aliran gotik semata hanyalah dekorasi.

Murid Ruskin, William Morris (1834-1896) yang menulis buku “Les Arts Decoratifs, Leur Relation Avec La Vie Moderne” atau “Berbagi seni, dan hubungannya dengan kehidupan modern” adalah yang menjadi tonggak gaya art noveau dan modern style.

Ide desain arsitektur modern

Buku “Kamus Pemikiran Arsitektur Perancis Abad XI hingga XVI” atau “Dictionnaire Raisonn De L’Architectur Francaise du XI au XVI Siecle” karya Eugen Emmanuel Viole-le-Duc menyatakan bahwa sebuah konsep arsitektur sebaiknya menonjolkan sisi ‘kekuatan’ layaknya mesin uap, listrik dan mampu memanfaatkan material baru, seperti baja misalnya. Ungkapan ini dapat menjelaskan ide bentuk yang lebih fungsional dengan memanfaatkan material teknologi baru dalam arsitektur modern.

Pernyataan singkat beberapa tokoh yang telah disebutkan dapat diambil suatu gambaran besar, bahwa aliran atau gaya arsitektur ini merupakan pengembangan setelah klasik. Arsitektur modern berupaya meninggalkan dekorasi yang tidak fungsional pada bangunan dan lebih menonjolkan fungsi. Maka, seringkali gaya/aliran ini disebut pula fungsionalisme.

Karena semata menitikberatkan pada fungsi, maka bentuk-bentuk arsitektur modern meninggalkan makna yang menjadi acuan atau ciri khas atas wilayah atau daerah tertentu. Konsekuensi dari gaya ini adalah sifatnya yang homogen dan dapat diterapkan secara universal. Tak jarang gaya ini disebut pula dengan international style.

Dapat disimpulkan bahwa arsitektur modern berupaya melampaui masa lalu dengan langkah progresif yang ditandai penggunaan kecanggihan teknologi dan material baru.

Prinsip Utama Arsitektur Modern

Ide desain arsitektur modern

Berikut adalah prinsip utama gaya modern yang terdiri dari :

  • Pendobrakan sekaligus penolakan gaya klasik
  • Menganut prinsip bahwa bahan dan fungsi menentukan hasil suatu bangunan
  • Arsitektur sepenuhnya adalah fungsi tanpa makna ataupun filosofi
  • Berkaitan erat dengan mesin dan teknologi bangunan
  • Menghindari ornamen dan dekorasi seperti ukiran atau bordiran dalam bangunan
  • Penyederhanan bangunan yang menghilangkan detail dan ornamen yang tidak perlu
  • Materi tradisional yang apa adanya

Ciri-ciri Bangunan Arsitektur Modern

Ide desain arsitektur modern

Bangunan arsitektur modern memiliki perbedaan dengan gaya lainnya. Sehingga, ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat bagi kebanyakan orang yang terdiri dari :

Minim Ornamen dan Dekorasi

Apabila bangunan tradisional memiliki ornamen, motif, dan dekorasi, justru arsitektur modern menghindarinya. Aliran ini memiliki ‘kepercayaan’ bahwa ornamen dan dekorasi bukan bagian dari desain modern.

Garis Vertikal dan Horizontal

Desain ini memiliki kekhasan pada penggunaan garis vertikal dan horizontal. Dominasi garis ini pula lah yang membentuk bangunan dengan dominasi bentuk kotak.

Bahan Material dan Sistem Modern

Konstruksi desain ini menggunakan bahan material yang terbaru dan dibenamkan sistem modern teranyar, sebut saja penggunaan internet of things dalam utilitas bangunan.

Ide desain arsitektur modern

Cahaya Natural dan Jendela Kaca

Fungsi dan efisiensi merupakan kunci dari desain arsitektur modern. Seperti penggunaan cahaya natural matahari dan jendela kaca besar merupakan beberapa contoh. Hal ini dimaksudkan agar penghuni bangunan tetap mendapatkan sinaran alami kendati di dalam.

Ruang Terbuka

Berbagai rancangan arsitektur modern selalu memiliki ruang terbuka pada bangunan. Hal ini dimaksudkan agar bangunan tetap mendapatkan sirkulasi udara, selain sebagai tempat mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Asimetris

Simetris yang merupakan salah satu ciri bangunan tradisional, seringkali ditentang oleh model bangunan modern. Gaya ini justru tidak memiliki bentuk asimetris, karena yang terpenting bukanlah desain melainkan fungsi dari bangunan.

Konektivitas Alam

Tujuan fungsionalitas tidak bisa dilepaskan dari konektivitas dengan alam. Fungsi dari bangunan harus dibuat agar ramah lingkungan, asri, dan sehat. Penerapan tersebut bisa ditunjukan dengan keberadaan taman di dalam rumah.

Penggunaan Material Gabungan

Meskipun menggunakan teknik atau teknologi konstruksi mutakhir, namun pada prosesnya penggunaan material tradisional tidak bisa dilepaskan sepenuhnya. Mengingat beberapa kualitas material tradisional masih belum tergantikan dari segi ketahanan dan kualitas. Maka dalam rangka efisiensi dan efektivitas, penggunaan keduanya digabungkan.

Optimasi Fungsi Ruangan

Karena menekankan fungsi pada bentuk dan desain bangunan, maka semua ruangan memiliki fungsinya masing-masing.

Apabila Anda berminat untuk membangun hunian dengan konsep arsitektur modern, kami selalu terbuka untuk memberikan solusi dalam pembangunan. Hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.